AHLI JURU IKAT RIGGER

AHLI JURU IKAT BEBAN (RIGGER)
Berdasarkan Kepmenaker RI Nomor 135 Tahun 2015 Tentang Penetapan SKKNI Kategori Pertambangan dan Penggalian Golongan Pokok Pertambangan Minyak Bumi dan Gas Alam dan Panas Bumi Bidang Operasi Pesawat Angkat, Angkut dan Ikat Beban.
SERTIFIKASI BNSP LSP ENERGI

08 - 10 April 2019
Jakarta



DESKRIPSI

Kompetensi merupakan kemampuan bersikap, berfikir dan bertindak secara konsisten sebagai perwujudan dari nilai pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki seseorang dalam melaksanakan pekerjaan. Kebutuhan akan sumber daya Manusia yang kompeten saat ini, merupakan sesuatu yang mendesak untuk disikapi, hal ini disebabkan semakin tingginya tingkat persaingan di semua bidang kehidupan.
Demikian halnya dalam Industri minyak dan gas bumi yang merupakan industri yang strategis dalam pembangunan bangsa dan negara. Industri minyak dan gas bumi mempunyaii ciri khusus yaitu padat modal, teknologi tinggi dan memiliki risiko yang tinggi. Memperhatikan ciri khusus tersebut, maka diperlukan pengelolaan yang profesional dan kredibel di bidang industri migas. Karena itu diperlukan SDM yang kompeten. Guna mendorong dan merealisasikan SDM yang kompeten tersebut harus dipersiapkan dan dirancang secara sistematis, antara lain dalam hal sistem diklat dan perangkat-perangkat pendukungnya. Dengan demikian akan dihasilkan SDM yang handal dan profesional. Melalui penyiapan SDM yang memiliki kualifikasi dan kompetensi terstandar maka bangsa Indonesia akan survive dalam menghadapi era kompetisi dan perdagangan bebas.
Menghadapi hal tersebut, semua negara termasuk  Indonesia sedang dan telah berupaya  meningkatkan kualitas sumber daya manusianya melalui standardisasi dan sertifikasi kompetensi di berbagai sektor berdasarkan SKKNI. Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) adalah rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan/atau keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Untuk itu diperlukan kerja sama dunia usaha/industri, pemerintah dan lembaga diklat baik formal maupun non formal untuk merumuskan suatu standar kompetensi yang bersifat nasional khususnya pada Sektor Industri Minyak dan Gas serta Panas Bumi Bidang Operasi Pesawat Angkat, Angkut dan Ikat Beban. Demikian Pemerintah melalui Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengeluarkan dan memberlakukan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 135 Tahun 2015 Tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Pertambangan dan Penggalian Golongan Pokok Pertambangan Minyak Bumi dan Gas Alam dan Panas Bumi Bidang Operasi Pesawat Angkat, Angkut dan Ikat Beban. Dengan standar kompetensi tersebut, diharapkan akan menghasilkan SDM (dalam hal ini sebagai Juru Ikat Beban) yang handal dalam jabatannya sehingga dapat mengelola kekayaan migas secara profesional. Melalui penyiapan SDM yang memiliki kualifikasi dan kompetensi terstandar harapannya bangsa Indonesia akan survive dalam menghadapi era kompetisi dan perdagangan bebas.

TUJUAN

1.    Membantu terpenuhinya kebutuhan tenaga ahli juru ikat beban yang kompeten sehingga mampu melaksanaan pekerjaannya dengan mengedepankan aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang handal
2.    Peserta memiliki Tingkat kualifikasi jabatan sesuai dengan tingkat kedalaman dan keluasan pengetahuan, keterampilan, tanggung jawab dan wewenangnya.
3.    Memberikan Pengetahuan dan Pemahaman tentang materi uji kompetensi sertifikasi petugas Juru Ikat Beban sesuai dengan level/tingkat yang disyaratkan.
4.    Mempersiapkan Peserta Pelatihan agar dapat memperoleh sertifikasi kompetensi kerja Juru Ikat Beban (Rigger) Bidang Operasi Pesawat Angkat, Angkut dan Ikat Beban

BENTUK KEGIATAN

Kegiatan dimaksud adalah kegiatan pelatihan yang terintegrasi dengan uji kompetensi yang dilaksanakan oleh LSP Energi. Kegiatan ini diselenggarakan secara regular/inhouse bertempat di …….  Dengan sasaran peserta para petugas atau Operator Keselamatan dan kesehatan kerja di berbagai industri/perusahaan bidang Migas.

MATERI PELATIHAN

1.    Dasar-dasar K3
2.    Pemahaman K3 di Industri Migas
3.    Ketentuan dan Skema SKKNI Juru Ikat Beban
4.    Pemahaman Unit-unit Kompetensi Ahli Juru Ikat beban
  • Menerapkan keselamatan kerja di tempat kerja
  • Mempersiapkan operasi pemindahan beban
  • Melaksanakan operasi pemindahan beban
  • Memandu operasi pesawat angkat
  • Mengendalikan beban
  • Membuat laporan operasi pemindahan beban
5.   Demonstrasi dan Simulasi di bengkel Kerja

SERTIFIKASI

Ujian Sertifikasi dilaksanakan oleh LSP ENERGI. Sertifikat pembinaan /training diterbitkan oleh Centra Safety. Sertifikat Kompetensi dikeluarkan oleh LSP Energi bagi peserta yang dinyatakan kompeten.

PERSYARATAN UJIAN

  1. Foto copy Ijasah terakhir yang dilegalisir
  2. Foto copy KTP yang masihberlaku
  3. Foto copy sertifikat terkait (bila ada)
4.      Menyiapkan Portofolio pekerjaan / dokumen lain yang mendukung
  1. Surat keterangan sehat daridokter dan golongan darah ( terbaru )
  2. Surat pengalaman kerja dari perusahaan yang bersangkutan
  3. Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar, dan ukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar

PERSYARATAN PESERTA

  1. Minimal Berijasah SLTP atau setingkat, dengan pengalaman kerja minimal 1 tahun serta kompeten dalam asesmen kompetensi Juru Ikat Beban di Bidang Operator Pesawat Angkat, Angkut dan Ikat Beban
  2. Minimal Berijasah SLTP atau setingkat, tanpa pengalaman kerja wajib mengikuti pelatihan standar kompetensi dalam asesmen kompetensi Juru Ikat Beban di Bidang Operator Pesawat Angkat, Angkut dan Ikat Beban

TIM INSTRUKTUR & ASSESOR

Pada sesi tutorial peserta akan diampu oleh Tim instruktur senior dari LSP ENERGI serta praktisi migas yang berkompeten dan berpengalaman di bidang operasi Migas. Pada sesi assessment, peserta akan didampingi oleh asesor dari LSP ENERGI.

WAKTU PELATIHAN

Jakarta Hotel Oria


BIAYA PELATIHAN

Reguler Rp 9.000.000,- / participant /Non-residential
(Biaya sudah termasuk sertifikat & surat penunjukan yang diterbikan oleh LSP ENERGI)

(Kelas akan running apabila kuota memenuhi 6 peserta)

0 Response to "AHLI JURU IKAT RIGGER"

Posting Komentar

Silahkan bertanya jika itu menyangkut training K3